Author Avatar

admin

0

Share post:

Accessories Pintu Dan Jendela

Mengenal Accessories Pintu serta Jendela
Kalau kalian sedang dalam proses bikin rumah, punya ide pintu dan jendela ialah 1 kelas yang cukup sulit. Kenapa?, sebab pintu dan jendela mempunyai jenis accessories yang agak banyak. Oleh karena itu di tulis kemungkinan berikut saya dapat mengatakan beberapa style accessories itu supaya kalian dapat gunting dapat lebih tambah cepat sebab telah pahami kegunaan dan tujuannya.

Engsel Pintu
Mulai untuk yang paling fundamental, 1 pintu swing tentu saja mempunyai Engsel. Bahasa inggrisnya ialah Hinge(s). Jenis engsel sendiri beberapa model tergantung peruntukannya. Buat pintu rumah, rata-rata pakai engsel kupu-kupu.
Engsel pintu kupu-kupu
Gambar di atas ialah contoh engsel kupu-kupu. Kalian dapat sesegera mengenal dari ukuran, ada yang 3″ dan 4″ dari jumlah lubang yang ada pada setiap engsel itu. Kian besar dan tebal engsel itu, lantaran itu kapabilitas menangkis beban pintu kian besar.

Pedoman: Tonton material penyusun engsel buat mengenal kwalitas engsel supaya tidak cepat remuk. Standard kwalitas yang dipakai ialah Stainless Steel SUS304. Kalau rumah kalian ada pada status pesisir pantai yang mempunyai kelembapan tinggi, bisa gunakan SUS316 sebab mempunyai ketahanan buat korosi makin tambah tinggi.

Kalau kalian pakai pintu akur dan mempunyai ketinggian lebih pada untuk membuat 2.2m, gunakan 3 buah engsel buat menangkis berat pintu. Perletakan engselnya jangan dibagi rata, saya normalnya taruh engsel yang ditengahnya mendekati engsel yang paling atas. Ini kemanfaatannya buat perkuat kusen dalam membawa daun pintu dan membatasi pintu alami pengurangan yang normalnya munculkan pintu mengambil sebab beradu dengan lantai. Tonton gambar contoh di bawah.

Engsel pintu kupu-kupu

Buat jendela yang mempunyai jenis bukaan swing, baik itu swing samping atau atas/bawah, dapat pakai engsel yang mirip.Pastilah dijajarkan dengan dimensi jendela yang dipakai.

Handel Pintu dan Jendela
Accessories kedua ialah handel pintu dan jendela. Handel ialah tuas atau pegangan daun pintu yang bertindak buat membuka tutup pintu. Jenis handel pintu ada 2 ialah, lever handle dan push/pull handle. Di pasar juga ada mode pull handle yang di pegangannya ada knob buat membuka lidah pengunci pintu.

Ada sekian banyak puluh bahkan beberapa ratus mode dari lever handle dan push/pull handle dari beberapa brand. Normalnya mereka dikasih group buat tiap-tiap jenisnya. Coba menyamakan dengan sikap pintu yang kalian pakai dan bentuk wujud dengan globalnya. Pada suatu bangunan hunian dapat lebih pada untuk membuat 2 atau 3 jenis mode. Namun bertambah banyak mode tidak benar sebab faktor perawatan, lebih sibuk kalau ada soal waktu ada.

Berdasarkan pengalaman saya, setiap brand mempunyai kelebihan serta kekurangan sendiri-sendiri, ada yang cepat remuk, ada yang bertahan lama. Rule of thumb yang bisa kalian pakai waktu optimis handle pintu:

Optimis zona pintu kalian. Kalau dipakai di zona publik, umpamanya buat pintu depan, pintu tempat ekslusif, dll. Bisa dipakai mode yang bagus dan exclusive. Buat pintu servis, pintu gudang, bisa kegunaankan mode yang tidak demikian terbatas.
Optimis apa pintu itu punyai frekuensi dibuka/tutup yang tinggi atau tidak. Dengan netral kalau pintu itu acapkali dipakai, pastilah ditetapkan jenis yang mempunyai durability tinggi juga.
Handle yang mempunyai ketahanan tinggi, normalnya mempunyai material yang bagus. Kalian dapat pelajarinya dari build quality, dan beratnya. Pengalaman saya pakai handle pintu dengan mode yang mirip benar buat pintu besi, antara lain dapat lebih tambah cepat remuk sebab build quality nya lebih rendah.
Usahakan pakai 1 brand waktu optimis beberapa jenis handle. Kecuali push/pull handle, jenis lever handle berkaitan dengan proses silinder lock dan mortise lock yang dipakai. Kalau kalian pakai brand lainnya, tidak pastinya compatible buat setiap segi itu.
Mortise Lock Dan Silinder
Mortise ialah rumah dari silinder lock dan lever handle. Silinder ialah anak kuncinya. Mortise ini ditancapkan dalam daun pintu dan mempunyai tempat buat jadi spindle pin (pin yang mengoneksikan buat lever handle yang dalam dan di luar) dan tempat buat silinder lock/anak kunci.

Mortise lock ini jenisnya ada 2, ialah jenis yang mempunyai lidah runcing, dan yang mempunyai lidah punyai sifat pelor. Pintu double swing yang kegunaankan push/pull handle pakai mortise jenis pelor sebab dia tidak usah proses seperti lever handle, cuma di dorong dan diambil buat tutup pintu.

mortise lock jenis biasa dan mortise lock pelor

Tambahan info bersangkutan mortise lock:
Buat pintu alumunium lebar badan mortise lebih pendek sebab imbangi dengan kusen alumunium yang normalnya 4″.
Buat pintu sliding, lidah mortise lock-nya punyai sifat kait (hook) seperti huruf L yang bertindak buat menyimpulkan ke plat besi yang ditancapkan di sisi kusennya.
Beberapa mortis produksi China posisi lidah runcingnya bisa disetel bolak-balik. Jadi kalian tidak usah pusing kuasai ini buat arah bukaan pintu ke kanan atau ke kiri. tengah mortise produksi German/Eropa tidak bisa, kalian butuh putuskan mortis itu buat pintu yang arah bukaannya ke kiri atau ke kanan.
beberapa style iron mongery
Silinder ialah anak kunci yang dipasangkan ke lubang mortis. Silinder mempunyai bersangkutan dimensi panjang, ialah mulai untuk 30mm hingga sampai 110mm. Tergantung buat tebal daun pintu yang dipakai. Jadi umpamanya pintu kalian punyai ketebalan 40mm, lantaran itu panjang silinder yang dipakai ialah 50mm sebab tinggal 10mm itu selanjutnya buat taruh tutup silinder yang ditempel di daun pintu. Tutup silinder itu namanya escutcheon (bacanya: eskasyen).

Bermakna taruh ialah permukaan silinder setidaknya rata dengan escutcheon. Sebab kalau demikian pendek lantaran itu silindernya dapat tenggelam, demikian panjang silindernya dapat tampak ada dari escutcheonnya.


Jenis silinder yang umum dipasaran ada 3:
Beberapa jenis silinder yang ada pada pasar:
Double silinder, ialah sisi dalam serta luar kegunaankan anak kunci buat tutup.
Thumbturn silinder, ialah sisi luar pakai anak kunci tengah sisi dalam pakai knop yang bisa diputar buat tutup.
Coin silinder, ialah sisi luar ada lekukan seukuran lebih kurang 1/4 diameter koin tengah sisi dalam pakai knop yang bisa diputar buat tutup.
beberapa style anak kunci dan silinder

Pemberdayaan silinder sebagai anak kunci bisa dirubah jadi kunci master, ialah 1 jenis kunci buat membuka segalanya pintu. Penyusunan ini namanya masterkey skema, ongkosnya perihal 35ribu/anak kunci dan itu cuma bisa dikerjakan di pabrik. Pabrik dapat menyetel proses silinder segi dalam buat dibuat jadi masterkey.

Kalau kalian mau bikin skema masterkey, setidaknya dari mula-mula telah dibuat organisasi tempat dan setidaknya diselesaikan pada waktu project. Sebab kalau bikin masterkey waktu silinder telah terpasang dapat mempersusah sebab butuh membebaskan satu-persatu, dan kalian butuh berikan substitusinya.

Proses Pengunci Buat Jendela
Buat jendela, proses penguncinya lebih sederhana. Berikut ialah beberapa style accessories jendela yang umum dipasaran:

  1. Hak Angin
    Apa angin waktu ini punyai hak?. hehe, berkelakar… Arahnya ialah window hook, bahasa tukangnya ialah hak angin. Jadi itu ialah pengait daun jendela yang mempunyai panjang detil, kemanfaatannya supaya jendela bisa aman dari terpaan angin.
  2. Friction Stay
    Friction stay kemanfaatannya sama dengan dengan dengan hak angin, buat menjaga jendela waktu dibuka supaya tidak tutup kembali. Ini normalnya dipasang buat jendela alumunium.
  3. Window lock
    Kunci jendela ada sekian banyak jenisnya. 2 yang bisa saya mengatakan ialah yang umum dan acapkali dipakai ialah jenis grendel dan rambuncis. Saya tidak pahami kenapa dikatakan rambuncis, akan tetapi ya biarkan yang harus kalian tidak salah nyebut namanya.

Grendel Tanam Buat Pintu Double
Kembali lagi masalah pintu, buat pintu double – proses pengunci yang ada pada 1 daun pintu dikatakan grendel tanam. Bahasa inggrisnya ialah flushbolt. Pintu double dibagi menjadi pintu aktif dan pintu pasif. Pintu aktif ialah pintu yang dipasang handle buat membuka tutup, tengah pintu pasif tidak dipasang handle, pintu itu cuma dibuka kalau dibutuhkan status yang lebih lebar.

Oleh karena itu, pintu pasif butuh dikunci dengan dipasangkan grendel tanam bawah dan atas. Di sisi atas dia tutup ke kusen, tengah terkecuali bawah dia tutup ke lantai. Sedetailnya dapat ditonton buat gambar di bawah:

macam-type grendel tanam atau flushbolt

BACA JUGA:
4 Pedoman Simpel Kuasai Tanaman Depan Rumah Menurut Feng Shui
Petrified Wood | Mengenal Kayu Fossil Sebagai Segi Dekorasi
Alang-alang Sintetis | Opsi Penutup Atap Yang Tahan 20 Tahun
Accessories Optional Pintu
Terkecuali yang telah saya mengatakan di atas, beberapa accessories yang cirinya optional atau dapat dipasang dan dapat tidak ialah:

  1. Door viewer
    Door viewer ialah kaca tonton yang ditancapkan di daun pintu setinggi orang normal buat tonton dari dalam tempat. Normalnya dipakai di pintu depan rumah.
  2. Door closer
    Door closer ialah accessories yang dipasang di daun pintu kemanfaatannya buat menjaga supaya pintu dapat automatic tertutup kembali berakhir dibuka.
  3. Door guard
    Door guard ialah accessories yang dipasang di daun pintu dan kusen kemanfaatannya buat menjaga supaya pintu bisa dibuka beberapa buat tonton atau bercakap dengan aman dengan orang di luar.
  4. Door stopper
    Door stopper ialah accessories yang dipasang di lantai atau dinding bikin pelindungan daun pintu dan handle supaya tidak terbentur dengan dinding.

Simpulan
Itu baru saja info singkat berkaitan accessories pintu jendela atau dapat lebih didapatkan dengan makna iron mongery yang bisa saya mengatakan. Bahwasanya masih ada banyak kembali lagi jenisnya, akan tetapi buat kebutuhan standard bangunan hunian kalian bisa pakai info di atas.
Semoga berguna, kalau di rasa berguna bisa dipisah ke rekan-rekan yang lain dan jangan pernah lupa taati kembali artikel mengikat di situs arsupala.

Selamat berkreatifitas!.

Jual Plat Besi / Plat Baja Murah dari Distributor , Supplier Dan Toko
Jual Klem di Medan