Author Avatar

admin

0

Share post:

Supplier Besi Baja di Medan, – toko besi cakar ayam , Jual Besi Hbeam – Besi Wf- Besi Pipa – Besi Cnp – Besi Unp – Besi Siku – Besi Wiremesh – Besi Kanal C & U – Baja Ringan – Besi Nako – Besi Ulir – Besi Cakar Ayam – Besi Bulat – Besi Assental TerLengkap – Termurah – Terpercaya Di Medan.

Di saat memiliki rencana bangun sebuah bangunan, satu diantaranya sisi yang paling utama jadi perhatian merupakan landasan. Kenapa? Lantaran landasan sebagai dasar dari sebuah bangunan serta kebolehan bangunan diputuskan oleh landasan yang menopangnya. Ada banyak type landasan bangunan yang umum dipakai buat memperkokoh susunan bangunan, antara lainnya merupakan landasan cakar ayam.

Pelaksanaan landasan jangan dijalankan secara asal-asalan lantaran dapat pengaruhi keamanan serta ketahanan sebuah bangunan. Manalagi kita tinggal di Indonesia yang sejumlah tempatnya punyai struktur tanah yang gembur dan sebagai wilayah yang riskan longsor serta gempa. Landasan cakar ayam sendiri dipandang seperti satu diantaranya penemuan dibidang konstruksi.

  1. Kenal Landasan Cakar Ayam

Landasan cakar ayam mendapati nama yang antik ini lantaran pada sisi bawah landasan itu ada pipa-pipa beton yang mencekam tanah, seperti juga kaki ayam. Landasan ini bisa menumpang bangunan di atasnya dengan semakin kuat bisa juga menggunakan penekanan tanah pasif maka dari itu bisa diimplementasikan pada tanah lunak.

1) Peristiwa Landasan Cakar Ayam di Indonesia
Diberitakan dari Institut Technologi Bandung (ITB), landasan cakar ayam dikenalkan oleh Prof. Dr. Ir Sedyatmo, pakar ilmu dan pengetahuan tehnik, di tahun 1962, jadi jalan keluar bangun 7 menara listrik tegangan tinggi di wilayah rawa Ancol, Jakarta. Menara listrik ini dapat dipakai buat mengalirkan listrik di Tanjung Priok ke Gelanggang Olah Raga Senayan, yang bisa jadi tuan-rumah Asian Permainan 1962.

Kecuali jam yang terbatas, dia terganggu pula oleh keadaan tanah yang benyek di ruangan rawa maka dari itu metode landasan formal tidak bisa saja. Di sanalah Ir. Sedijatmo berusaha dengan membangun menara di atas landasan yang terbagi dalam plat beton yang ditopang oleh pipa beton di bawahnya. Pipa serta plat itu menempel secara monolit serta mencekam tanah dengan aman. Ini yang disebut metode landasan cakar ayam.

2) Ciri-khas Landasan Cakar Ayam
Untuk beberapa umumnya susunan landasan cakar ayam terbagi dalam plat beton bertulang dengan tebal 10-15 cm yang ditopang oleh pipa-pipa bertulang yang terpasang secara vertikal serta dihimpun dengan plat beton itu. Pipa beton ini rata-rata memiliki diameter 120 cm dengan tebal 8 cm serta panjang sama dengan beban di atas plat serta keadaan tanah. Metode di antara plat serta pipa beton ini dapat mencekam tanah dengan kuat seperti cakar ayam serta diduga juga bisa membatasi beban 1,5 hingga sampai 4 ton per mtr. persegi.

3) Peran Landasan Cakar Ayam
Sebelumnya, landasan cakar ayam memanglah difokuskan buat pembangunan di tanah yang benyek. Namun penempatan landasan ini sebetulnya dapat ditempatkan dimana-mana, lantaran peran terpentingnya memanglah dialamatkan buat menumpang bangunan dengan kukuh serta bertahan lama. Kalau di tanah benyek saja landasan cakar ayam bisa bertahan kuat, manalagi di tanah yang benar-benar padat.

Tidak hanya itu, landasan cakar ayam banyak dipakai buat pembangunan susunan yang besar serta perlu ketangguhan bertahan lama seperti gedung pencakar langit, jalan layang sampai fundamen pesawat. Buat rumah rumah, landasan cakar ayam memanglah jarang-jarang dipakai namun bukan perihal yang tak mungkin juga.

Anjuran Rumah
Landasan cakar ayam terbagi dalam plat beton bertulang serta di bawah plat beton ada sumur-sumur pipa dengan tebal yang bisa disinkronkan dengan type konstruksi serta kondisi tanah.

  1. Bangunan Rumah Lebih Kukuh dengan Landasan Cakar Ayam

Buat Anda yang tengah saat proses rencana membentuk rumah, landasan cakar ayam ini kedengar menarik, ya. Tapi, sama yang ditulis sebelumnya, buat bangunan tempat tinggal, memanglah landasan formal lebih pas, lantaran lebih irit cost serta penyelesaiannya yang lebih simpel juga. Namun bagaimana kalau Anda mau membentuk rumah bertingkat di wilayah dengan tanah benyek serta tidak konstan?

Sebetulnya ada lho, jenis landasan cakar ayam yang dapat saja preferensi, ialah, foot plat atau landasan di tempat. Type landasan ini pula pas buat membentuk rumah di area lunak, berlumpur, atau tanah gambut. Ini pastinya begitu berfaedah kalau ditempatkan di ruangan sisa sawah atau rawa, umpamanya Tanjung Priok. Nach, kalau Anda tengah melihat-lihat property di wilayah ini, berikut daftar rumah pada harga di atas Rp700 juta Jakarta Utara.

  1. Kelebihan Landasan Cakar Ayam

Buat mendalami lebih jauh perihal landasan cakar ayam, masih kurang buat kenal sifatistiknya saja. Anda pun butuh mengenal kekurangan serta keunggulan dari type landasan satu ini. Tersebut merupakan 10 kelebihan landasan cakar ayam:

1) Landasan Cakar Ayam Dicetak oleh Orang Indonesia
Metode landasan cakar ayam diketahui serta dianggap di berapa negara, contoh-contohnya Jerman, Prancis, Denmark, Belanda, Italia, Belgia, serta Kanada. Sama yang sudah ditulis sebelumnya landasan cakar ayam dikenalkan oleh Prof. Dr. Ir Sedyatmo, pakar ilmu dan pengetahuan tehnik, di tahun 1962. Pada saat itu, metode landasan ini jadi jalan keluar buat bangun menara listrik tegangan tinggi di wilayah rawa di Jakarta yang punyai sifat tanah lunak.

2) Landasan Cakar Ayam Dapat Ditempatkan buat Beberapa Type Bangunan
Meskipun pada mulanya dipakai buat menumpang tiang listrik tegangan tinggi, landasan ini juga dapat ditempatkan pada beberapa type bangunan. Contoh-contohnya fundamen lapangan terbang, jalan raya atau jalan tol, bangunan pemerintahan, sejumlah gedung pencakar langit, dan seterusnya. Beberapa ratus menara bertegangan tinggi punya Perusahaan Listrik Negara, apron Lapangan terbang Soekarno-Hatta serta jalan akses Pluit-Cengkareng merupakan beberapa contoh terapan landasan cakar ayam.

3) Landasan Cakar Ayam Sudah Dianggap di Seluruhnya Dunia
Buah pikiran benderang Prof. Dr. Ir Sedyatmo dilirik oleh banyaknya ilmuwan asing, juga sempat ada tes nilai buat mencoba kebolehan serta ketahanannya. Beberapa pakar dari Prancis mengerjakan replikasi beban pesawat B747 mempunyai muatan penuh seberat 360 ton di fundamen yang gunakan landasan cakar ayam. Sehabis berulangkali pengetesan, fundamen dengan landasan cakar ayam bisa terbuktikan bisa membatasi berat serta penekanan besar pesawat sampai 2000 ton. Landasan ini pula sudah mendapati pernyataan paten internasional di 40 negara asing.

4) Landasan Cakar Ayam Dapat Diimplementasikan di Tanah Lunak
Sama yang telah diperjelas pada sisi awal mula artikel, buah pikiran landasan ini diawali buat menyelesaikan rintangan tanah lunak atau tanah benyek. Meskipun tanah punyai sifat benyek serta berair, pembangunan masih bisa tetap dilakukan dengan gunakan landasan cakar ayam. Landasan ini pula bisa meminimalisir kerusakan pada bangunan di saat terjadi longsor atau berpindah.

5) Landasan Cakar Ayam Tidak Membutuhkan Metode Drainase
Landasan ini terjadi dari beton padat yang paling kuat maka dari itu tidak perlu metode drainase. Masalah ini bikin pelaksanaan landasan cakar ayam cukup irit waktu.

6) Landasan Cakar Ayam Pantas untuk Tempat Indonesia
Banyak tempat di Indonesia terbagi dalam perairan, area subur mempunyai tekstur gembur, persawahan, serta wilayah rawa. Penggunaan landasan ini pas dipakai di sejumlah tempat di Indonesia buat menyelesaikan rintangan tanah yang lunak itu.

7) Landasan Cakar Ayam Bikin Bangunan Lebih Kuat
Meskipun dibuat di atas tanah yang benyek, bangunan dapat semakin kuat dengan pemakaian landasan cakar ayam. Pertimbangannya lantaran landasan ini punyai pipa-pipa beton yang terbenam jauh di tanah maka dari itu bisa mencekam tanah semakin kuat serta bisa membatasi beban bangunan di atasnya.

  1. Kekurangan Landasan Cakar Ayam

Dalam pertimbangkan semua perihal, pastilah Anda tidak dapat cuman memandang keistimewaannya saja. Begitu halnya landasan cakar ayam yang punyai kekurangan, ialah berikut ini:

1) Penyelesaiannya Membutuhkan Cost yang Mahal
Satu diantaranya kekurangan penting landasan ini merupakan cost penyelesaiannya tambah mahal ketimbang landasan formal. Masalah ini dipicu pelaksanaan landasan cakar ayam membutuhkan bisa lebih banyak bahan serta perlu perabotan modern.

2) Proses Pembangunan Ruwet
Kekurangan sesudah itu proses penyelesaiannya yang ruwet. Tapi, masalah ini sesuai dengan kebolehannya. Ini yang bikin landasan cakar ayam sangatlah ternama serta dipakai dalam pembangunan project.

3) Tidak Ditujukan buat Bangunan Kecil
Landasan cakar ayam lebih difokuskan buat pembangunan infrastruktur yang bertaraf besar, seperti lapangan terbang, jalan raya, serta gedung pencakar langit. Oleh lantaran itu, landasan ini kurang pas kalau dipakai buat bangunan atau rumah kecil. Kalau Anda mau membentuk rumah dengan lantai satu, baiknya gunakan landasan formal buat mengelit pengeluaran kelewatan.

Kenal Type Landasan Bangunan yang Amat Bagus serta Kuat buat Rumah
Tehnik Rumah serta Apartemen
Kenal Type Landasan Bangunan yang Amat Bagus serta Kuat buat Rumah

  1. Daftar Harga Dasar Cakar Ayam

Berikut di bawah ini merupakan kira-kira harga terakhir besi yang diperlukan buat bangun landasan cakar ayam yang bisa jadi panutan buat Anda.

enis dan Tipe Besi Cakar AyamUkuranHarga Besi Cakar Ayam
Besi 840 X 40Rp79.000
Besi 1040 X 40Rp105.000
Besi 850 X 50Rp95.000
Besi 1050 X 50Rp139.000
Besi 1250 X 50Rp178.000
Besi 860 X 60Rp113.000
Besi 1060 X 60Rp158.000
Besi 1260 X 60Rp184.000
Besi 1080 X 80Rp214. 000
Besi 1280 X 80Rp239.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 840 X 40Rp87.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1040 X 40Rp113.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 850 X 50Rp106.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1050 X 50Rp144.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1250 X 50Rp218.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 860 X 60Rp124.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1060 X 60Rp168.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1260 X 60Rp215.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1080 X 80Rp223.000
Cakar Ayam (0.2) Besi 1280 X 80Rp287.000

Harga diatas dapat berubah sewaktu-waktu, Silahkan hubungi bagian pemasaran kami 08126067928 untuk harga update terbaru besi cakar ayam medan

  1. Teknik Mengalkulasi Volume Landasan Cakar Ayam

Sehabis mengenal kira-kira harga, sesudah itu yang harus dimengerti merupakan teknik mengalkulasi volume landasan cakar ayam. Buat perhitungannya, Anda dapat gunakan rumus ini.

Volume Landasan Cakar Ayam (V) : L x P x Tb

Keperluan Material Landasan Cakar Ayam (per bahan):
Besi (batang): ((L/B+1) x (L x 2 + T x 2)) x 2 / B
Split (m³): 0.82 x V
Pasir (m³): 0.54 x V
Semen (sak): Keperluan pasir x 1000 / 32 / R
Info:

  • V : Volume landasan pile cap per buah (m³)
  • L : P : Lebar atau panjang pile cap, rata-rata ukuran sama (m)
  • T : Tebal pile cap (m)
  • Rasio semen : Pasir
  • B : Panjang besi (m)

Begitu review terkait landasan cakar ayam sebagai satu diantaranya kreasi putera bangsa. Perancangan landasan ini sudah jadi sebuah jalan keluar dan dianggap serta banyak diimplementasikan di pelosok dunia . Sehingga, telah sewajarnya kita layak berbangga. Kalau kedepannya,

Distributor Besi Nako di Medan
Jual Rangka Aluminium di Medan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *